KEGIATAN VAKSINASI SMAN 1 KEDUNGWARU

KEGIATAN VAKSINASI SMAN 1 KEDUNGWARU

Kedungwaru – Menindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Kesehatan Nomor Hk.02.02/I/ 1727 /2021, kemarin, Rabu (01/9/2021), SMAN 1 Kedungwaru mengadakan vaksinasi tahap 2 bagi siswa-siswinya.

Pada kegiatan vaksinasi ini, SMAN 1 Kedungwaru bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kedungwaru, yang diback-up oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung juga Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek.

Total 500 dosis vaksin diberikan kepada SMAN 1 Kedungwaru, dengan jumlah 454 anak yang divaksin, sedangkan yang lainnya sudah mendapatkan vaksin di tempat lain atau adapula yang tidak ikut serta karena sakit. Ada 6 tim  dari Puskesmas Kecamatan Kedungwaru yang dikirimkan ke SMAN 1 Kedungwaru untuk memberikan vaksinasi tahap 2 kepada siswa-siswi SMAN 1 Kedungwaru, yang kemarin telah melaksanakan vaksinasi tahap 1 pada tanggal 4 Agustus 2021.

“Alhamdulillah, untuk persiapan vaksinasi tahap kedua kita siapkan dengan optimal. Sampai sekarang dapat berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun. Kita siapkan basic datanya, siapa siswa yang bisa mengikuti vaksinasi. Kemudian kita siapkan sarana prasarananya dan semua tim yang terlibat. Alhamdulillah dari bapak ibu guru, karyawan serta siswa bisa menyiapkan dengan sangat baik kegiatan ini,” ujar waka Humas SMAN 1 Kedungwaru, Bapak Titis Eswindro, M.Pd.

Dilaksanakannya vaksinasi ini merupakan salah satu upaya dalam rangka penanggulangan Covid-19 dengan tujuan mencegah penyebaran virus. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk memberi perlindungan terhadap tubuh.  Disisi lain, vaksinasi dilakukan sebagai persiapan untuk diselenggarakannya pembelajaran tatap muka di sekolah. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah guna mencapai herd immunity masyarakat di Indonesia. Diselenggarakannya pembelajaran tatap muka tentunya tidak lepas dari izin orangtua atau wali murid.

“Rencana pembelajaran tatap muka akan kita laksanakan ditanggal 6 September 2021. Dan sekarang ini vaksinasi ini akan sangat membantu sekali kita dalam proses tatap muka yang akan dilaksanakan, sebagai bagian dari  usaha kita untuk menjaga  dan mempertahankan kondisi kesehatan siswa dalam menghadapi pembelajaran tatap muka,” lanjut Bapak Titis.

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa SMAN 1 Kedungwaru telah melakukan vaksinasi tahap 1 yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2021 dan tahap 2 pada tanggal 1 September 2021. Dengan dilaksanakan vaksinasi tersebut sangat membantu dalam proses berlangsungnya pembelajaran yang dimana SMAN 1 Kedungwaru berencana untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka pada hari Senin, 6 September 2021. Pembelajaran tatap muka tetap melalui persetujuan orang tua atau wali murid.

Terlepas dari itu semua, apabila kita sudah melaksanakan vaksinasi tentu saja kita harus tetap menggunakan protokol kesehatan yang baik dan benar, menjaga jarak, membiasakan pola hidup bersih dan sehat, demi kepentingan diri sendiri dan juga orang lain.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *