SEJARAH SINGKAT

SMAN 1 Kedungwaru atau yang lebih dikenal dengan SMARIDUTA terletak secara geografis terletak disebelah timur perempatan RS. Lama. SMA ini mempunyai sejarah yang agak unik, karena gedungnya berdiri paling lama tapi termasuk SMA yang relatif masih muda.

Berdirinya gedung SMA Tulungagung seperti pada tulisan pada gerbang pintu depan, dipakai sejak tahun pelajaran 1964 / 1965 (dahulu tahun ajaran dimulai 1 September) dan satu-satunya SMA di Kabupaten Tulungagung. Gedung ini merupakan gedung baru bagi SMA Mardi (Swasta) yang didirikan tahun 1959 dan di Negerikan pada tahun 1960. Dengan demikian sejak tahun 1960 s/d 1964 berada di gedung lama di Jl Panglima Sudirman Tulungagung.

Dengan berdirinya SMPP tahun 1974, semua SMA berubah menjadi SMPP termasuk SMA yang berlokasi di Kedungwaru. SMPP membangun gedung baru yang berlokasi di Desa Beji Kecamatan Boyolangu. Sehingga kegiatan KBM saat itu berlangsung di dua tempat yaitu di Boyolangu dan Kedungwaru. Pada tahun pelajaran 1980/1981 gedung SMPP di Boyolangu sudah selesai dibangun.

Dengan demikian seluruh kegiatan KBM dilaksanakan di SMPP di Desa Beji Kecamatan Boyolangu. Pada penerimaan siswa baru tahun 1980/1981 SMA Negeri Tulungagung mulai aktif sebagai sekolah baru dengan nama masih tetap menggunakan nama SMA Negeri 1 Tulungagung.

Sejak keluar SK Nomor 02606/O/1980 tentang pembukaan sekolah maka SMA Negeri Tulungagung secara resmi berdiri sejak 1 Juli 1980 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0507/O/1989 tentang perubahan nama sekolah di Propinsi Jawa Timur maka SMA Negeri Tulungagung menjadi SMA Negeri 1 Tulungagung dengan SK Mendikbud tentang perubahan nomenklatur nomor 035/O/1997 tanggal 7 Maret 1997 maka SMA Negeri 1 Tulungagung berubah menjadi SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung

Namun bersamaan dengan era jaman yang semakin bersaing rupanya SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung yang di kenal dengan bahasa trens SMARIDUTA terus menunjukan terhadap masyarakat Tulungagung dengan berbagai prestasi yang diraih tingkat Kabupaten , Nasional , Bahkan Internasional.Diantara Prestasi yang di raih bidang olahraga khususnya basket SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung telah menjadi juara pada kompetisi DBL wilayah jawa timur tahun 2005,Tari Tradisional yang juga memiliki Padepokan tari yang di namai Padepokan 54 dan tergabung dalam (PPST)

Tidak hanya sampai disitu, dimana saat ini SMA Negeri 1 Kedungwaru Sebagai sekolah Model,Yang implementasinya Yaitu program dari pemerintah pusat,Melalui seleksi yang cukup ketat dimana dari skala Nasional hanya terpilih 132 SMA Dan untuk wilayah Jawa Timur hanya10 SMA Salah satunya yaitu SMA Negeri 1 Kedungwaru ,Dimana sekolah model yang dimaksud yaitu Melaksanakan 3 program diantaranya SKM, PBKL, PSB.

<  Profil Smariduta
 >  Sejarah Singkat
 >  Selayang Pandang
 >  Visi dan Misi
 >  Lambang dan Motto
 >  Mars
 >  Organisasi
 >  Akreditasi