KEGIATAN P-5 “GAYA HIDUP BERKELANJUTAN”

KEGIATAN P-5 “GAYA HIDUP BERKELANJUTAN”

Kegiatan P-5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang dilaksanakan pada pembelajaran di SMAN 1 Kedungwaru. Kegiatan P-5 yang dilaksanakan mengusung tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan judul Jejak Karbon Jejak Kita di Bumi.

Dari kegiatan P-5 dengan judul tersebut diharapkan para siswa dapat lebih memahami tentang apa itu jejak karbon, dampak dari jejak karbon dan cara mengurangi jejak karbon itu sendiri. Dimana jejak karbon merupakan jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan oleh setiap aktivitas manusia dalam kurun waktu tertentu. Nah ketika aktivitas manusia yang menghasilkan jejak karbon semakin banyak maka akan terjadi penumpukan karbon di atmosfer sehingga menghasilkan pemanasan global yang lambat laun akan menyebabkan perubahan iklim.

Dari kegiatan P-5 tersebut mengajak para siswa untuk lebih sadar bagaimana mengurangi jejak karbon mulai dari hal yang sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari. Kegiatan P-5 juga mengajak siswa untuk membiasakan mengurangi jejak karbon dari hal yang sederhana seperti mengurangi penggunakan botol plastik untuk minum, mengurangi makan daging, menghemat penggunaan listrik, dll. Harapannya, dari hal yang sederhana, jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kebiasaan. Dari kebiasaan tersebut jika dilakukan secara terus menerus akan menjadi gaya hidup.

Kegiatan P-5 dilaksanakan selama 1 bulan penuh pada bulan Oktober 2022. Selama pelaksanaan kegiatan P-5 setiap kelas diberi tugas untuk membuat poster dan berkampanye. Pada akhir kegiatan P-5 ini diadakan “kampanye akbar” yang isinya setiap kelas X harus membuat kampanye untuk mengurangi Jejak karbon. Kampanye akbar ini dapat di lihat di kanal youtube smariduta TV ya.. berdasarkan kampanye yang telah dilakukan, akan diberikan penghargaan kepada kelas yang memiliki desain poster menarik, penyaji terbaik, panelis terbaik dan moderator terbaik.

Proyek P-5 mengusung tema gaya hidup berkelanjutan yang artinya setalah kegiatan P-5 ini berakhir kebiasaan yang telah dibangun selama pelakasaan proyek akan terus belanjut sampai nanti.

Kalau bukan kita siapa lagi… Mari selamatkan bumi dengan mengurangi jejak karbon..

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *